how to make a website for free

Latar Belakang

Tujuan Training membekali peserta dengan pengetahuan software RouterOS dan produk RouterBOARD dari MikroTik  Mengajarkan dan praktek langsung mengenai cara melakukan konfigurasi, maintenance dan dasar troubleshooting pada perangkat router MikroTik. Sedangkan capaian yang diharapkan dari siswa setelah menyelesaikan kegiatan training ini adalah: Mampu melakukan konfigurasi, manajemen dan memecahkan permasalahan dasar pada perangkat MikroTik RouterOS, Mampu untuk memberikan layanan dasar yang dibutuhkan oleh client danMempunyai dasar yang kuat dan berguna dalam melakukan manajemen sebuah jaringan komputer. MikroTik Academy akan memberikan sertifikasi MTCNA (MikroTik Certified Network Associate) yang menjadi langkah awal kepada peserta training untuk masuk dalam asosiasi dan sebagai syarat untuk mengambil sertifikasi yang lebih tinggi

Kelas MTCNA merupakan kelas dasar yang harus dilewati untuk bisa mengikuti kelas-kelas tingkat mahir. Kelas ini akan membahas hampir semua fitur MikroTik namun tidak terlalu mendalam. Training sendiri bisa berlangsung selama 3 - 4 hari tergantung kesiapan peserta. Hal-hal yang harus diketahui/dikuasai sebelum mengikuti kelas ini antara lain :

Memiliki dasar TCP/IP
Tau cari terkoneksi ke MikroTik
Mengerti tentang teknik troubleshoot dan tools MikroTik
Pengalaman menggunakan MikroTik akan sangat membantu
Sebelum menghadiri kelas ini, Anda disarankan menyelesaikan kelas BelajarMikroTik Discovery yang akan mengajarkan Anda dasar-dasar penting tentang MikroTIk (terutama bila Anda baru pertama kali menggunakan MikroTik).

Kami memiliki catatan cukup baik pada kelas MTCNA dimana tingkat kelulusan peserta mencapai di atas 80% (artinya 80% dari peserta kami selalu lulus). Kami bahkan memiliki beberapa peserta yang masuk dalam Wall-of-Fame (peserta dengan nilai ujian di atas 90%).

MikroTik Certified Routing Engineer (MTCRE), salah satu dari kelas MikroTik tingkat Mahir membahas topik tentang Routing dan Swithching. Beberapa materi yang diajarkan adalah :

Static Routing (teori dan praktek)
Multiple Gateway (ECMP, PCC)
Rekursif Static Routing
Konsep Routing Dinamis
Dasar OSPF
Konfigurasi Tingkat Mahir OSPF
Pengenalan MikroTik Hardware-Switch
Pengetahuan dasar tentang Routing/Switching sangat diperlukan sebelum mengikuti kelas ini. BelajarMikroTik memiliki kelas khusus pada Exploration Class yang membahas tentang Routing/Switching. Kelas ini diajarkan selama 2 hari dan ada ujian sertifikasi di akhir kelas.


Introduction

Aturan-aturan terbaru untuk MikroTik Academy :

1. Wajib membuka setiap 6 bulan (semester) sejak resmi menjadi Academy. Jika dalam 6 bulan belum juga menjalankan kelas MikroTik Academy, Academy akan menerima peringatan tertulis dari MikroTik Latvia. Jika dalam jangka waktu 3 bulan semenjak menerima peringatan belum juga dijalankan, maka status Academy dan perangkat lab yang diberikan akan ditarik kembali oleh MikroTik Latvia. Jadi yang belum buka kelas sampai saat ini harap segera mulai menjalankan program MikroTik Educational Class-nya.

2. Wajib menginformasikan semua kegiatan MikroTik Academy di web resmi sekolah/kampus (ada laman/subdomain khusus MikroTik Academy) yang selalu di-update. Yang belum ada website resmi, harap segera diadakan. Yang belum ada laman khusus MikroTik Academy harap segera dibuat.

Instruksi dari Latvia. Mulai sekarang setiap institusi yang sudah menjadi MA wajib mempublikasikan kegiatan MA di website institusinya, mulai dari menjadi Academy, penerimaan bantuan perangkat, pelatihan dan ujian.

Saran saya, buat halaman khusus MA di website yang isinya selalu di-update. Link-nya tolong dikirim ke saya untuk diforward ke Latvia. Nanti secara periodik akan direview isinya oleh saya dan MikroTik Latvia. Saya harap minggu depan sudah ada follow-up dari masing-masing institusi.

Sinkronisasi Materi MIKROTIK

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap Paket keahlian walaupun Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013. SMK Daarut Tauhiid Boarding School  melaksanakan tahapan proses penyusunan KTSP dengan melibatkan unsur-unsur yang dipersyaratkan yaitu pihak Dunia Usaha / Industri dan Dinas Pendidikan.

Semenjak menjadi Mikrotik Academy, paket keahlian TKJ SMK Daarut Tauhiid Boarding School menyisipkan / mengimplementasikan materi Kelompok C menggunakan perangkat Mikrotik. Sehingga TKJ SMK Daarut Tauhiid Boarding School menetapkan Standar Kompetensi Lulusan dalam bidang sertifikasi Mikrotik untuk level MTCNA, MTCRE, dan MTCWE.

Materi-materi yang terdapat dalam 3 level sertifikasi tersebut disinkonisasikan dengan beberapa mata pelajaran, diantaranya: Sistem Operasi, Sistem Operasi Jaringan, Jaringan Dasar, Rancang Bangun Jaringan, Jaringan Nirkabel, dan Troubleshooting Jaringan.

Router OS vs Router Board

RouterOS
Mikrotik RouterOS adalah sebuah sistem operasi yang berfungsi mengubah PC (komputer) atau RouterBoard menjadi sebuah router. RouterOS terbaru saat ini adalah versi 5.7. Pada dasarnya RouterOS merupakan sistem operasi Mikrotik RouterBOARD yang berbasis Kernel Linux v2.6.
RouterBoard (RB) Mikrotik
RouterBoard Mikrotik adalah sebuah router yang didalamnya berisi RouterOS yang sudah di install di dalam sebuah Board (seperti motherboard komputer). misalnya RB750, Rb450, RB433, dll.

Penamaan Router Board

1. Penamaan Routerboard 
2. Fitur Routerboard 
3. Rincian Penamaan Built-in wireless

Pengenalan Mikrotik

Cisco tentunya bukan nama yang asing lagi dalam dunia router, yaitu perangkat yang berfungsi untuk mengarahkan alamat di internet. Namun selain Cisco, terdapat nama lain yang dikenal sebagai salah satu solusi murah untuk membangun sebuah router, yaitu Mikrotik.
Mikrotik adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk network router. Dengan sistem operasi ini, anda dapat membuat router dari komputer rumahan (PC)